ANDAI SAYA MENJADI PEMIMPIN, APA YANG SAYA LAKUKAN UNTUK MEMAJUKAN PERKOPERASIAN INDONESIA

koperasi sungguh tak dipandang sebagai usaha yang utama di Indonesia sekarang ini. mereka cenderung tersisihkan, karena dianggap sebagai suatu badan usaha yang bukan jamannyqa lagi untuk diprioritaskan saat ini.

Sungguh sangat menyedihkan, karena mengingat, koperasi dulu, merupakan usaha utama disaat tersulit ekonomi di Indonesia. Tapi, coba dilihat sekarang. Koperasi-koperasi banyak yang cuma asal berdiri, tanpa mempunyai keberartian dalam didirikannya.

Seandainya kita tetap mengganggap koperasi sebagai ciri dari badan usaha eknomi di Indonesia ini, saya yakin, kemiskinan dapat lebih diminimalisir. Koperasi memang didirikan untuk mensejahterakan anggotanya, tapi tetap, dengan memerhatikan masyarakat sekitar koperasi. Produk koperasi yang ada, baik simpan pinjam, atau usaha kecii, semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membantuk kesulitan eknomi yang masyarakat derita.

Seandainya saja, saya mendapat kehormatan yang berlebih untuk menjadi pemimpin, saya akan berbuat semaksimal mungkin untuk menyejahterakan masyarakat skitar, dengan program utama saya adalah..."KOPERASI UNTUK INDONESIA DAN MASYARAKAT".

Hal pertama yang akan saya lakukan, yaitu dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang ingin dengan tulus dan semangat yang besar, ikut dalam suatu organisasi, koperasi. Warga yang belum mengerti tentang koperasi dan bidang usaha, akan dibina, dengan sebaik mungkin, agar mereka mampu menghadapi usaha koperasi yang akan diprogramkan disuatu daerah ditempat mereka.

Langkah berikutnya, dengan memberikan bantuan dana kredit, kepada suatu koperasi, dengan persyaratan yang menjanjikan, bahwa koperasi tersebut, harus berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan usahanya. Tapi, bukan berarti setelah diberi bantuan ini, mereka tidak diawasi. Disini, saya akan membuat suatu badan pengawasan modal, kepada koperasi yang diberi kredit, agar mereka benar-benar melaksanakan apa yang telah diikrarkan yaitu, memaksimalkan usaha dalam mengembangkan koperasi.

Kemudian, saya akan membentuk, suatu jaringan koperasi, yang didalamnya merupakan anggota-anggota koperasi diseluruh Indonesia. Disini, tiap koperasi wajib melaporkan apa saja yang telah mereka lakukan untuk mengembangkan koperasi mereka. Disini, jaringan koperasi ini, diwajibakan bagi seluruh koperasi untuk didaftarkan. Dan bagi koperasi yang tidak mendaftar disini, diangggap sebagai koperasi ilegal, yang akan terancam hukuman karena membuat suatu koperasi tanpa izin koperasi resmi.

Nah, dari jaringan ini, akan diadakan reward and punishment, mereka akan diberi penghargaan bagi mereka yang mampu mengembangkan dengan baik usaha mereka, atau punishment bagi mereka yang melanggar aturan yang ditetapkan sehingga menyebabkan rusak nya sistem koperasi dan bangkrutnya usaha koperasi itu.

Selain dalam hal modal kita membuat suatu pengawas, untuk jaringan koperasi ini pun, kita membuat suatu badan pengawas, yang akan mengawasi tiap-tiap anggota yang bekerja menjalankan tugasnya. Sehingga, KKN bisa dengan sebisa mungkin dihindari dan dilenyapkan dari jaringan yang mesti dan harus bersih dari KKN ini.

Itulah hal yang terpikirkan, seandainya saya menjadi pemimpin. Semoga, para pemimipin di Indonesia, bisa membaca ini, dan paling tidak, mengetahui, kalau koperasi di Indonesia sungguh sangat kurang mendapat perhatian..


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © / kantongajaibdoraemon

Template by : Urangkurai / powered by :blogger