Mewarnai ICT Masa Depan Melalui Penguasaan Sistem Informasi Akuntansi

Perkembangan ICT yang ada saat ini menjadi perhatian khusus bagi perkembangan dunia Ekonomi terutama dalam Sistem Informasi Akuntansinya. Akuntan dituntut untuk mampu memanfaatkan ICT dalam peran profesi yang digelutinya. Selain itu, mereka juga diharapkan memiliki kemampuan perencanaan dan design sistem informasi akuntansi dalam perusahaan.

Dalam kehidupan sehari-hari, perangkat komunikasi merupakan hal yang tak bisa terpisahkan. Selain karena fungsinya, perangkat komunikasi dapat digunakan sebagai simbol status atau pelengkap gaya hidup seseorang. Zaman terus bergerak dan bidang ICT (Information Communication Technologies ) telah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat.

Perkembangan teknologi ini berhasil mereduksi hambatan ruang dan waktu dalam berkomunikasi. Dalam satu gadget, Anda bisa menjadwalkan agenda meeting dan berbisnis beda negara dengan Skype. Jika rindu dengan sahabat di seberang pulau cukup ketik pesan di ponsel pintar dan sekian detik kemudian pesan berbalas. Selanjutnya, bila ingin membeli beragam barang kebutuhan cukup klik seraya menyesap secangkir kopi di kedai ber-Wifi. Satu gadget, dua tiga agenda terlampaui.Demikian pula yang bisa kita lakukan jika ingin membuat laporan keuangan, atau membuar report atas transaksi yang telah dilakukan.

Zahir Accounting, menjadi salah satu software Akuntansi yang bisa diandalkan. Zahir Accounting adalah sebuah software yang diciptakan untuk mempermudah user dalam mencatat transaksi. Layaknya MYOB software zahir bersifat user friendly.

Lebih dari 250 laporan keuangan, penjualan, pembelian, analis barang dan berbagai laporan lainnya tersedia pada Zahir dengan berbagai format. Zahir memliki modul persediaan yang lengkap yang dapat mengelompokkan jenis barang,group barang, perhitunngan HPP otomatis dengan metode FIFO,LIFO dan Average. Selain itu Zahir dapat menghitung penyusutan dengan berbagai metode dan membuat jurnal penyusustan secara otomatis.

Banyak teknologi yang berbasis SIA yang sudah dibuat oleh orang-orang jenius di dunia ini. Seperti Software MYOB, Software Microsoft Dynamic Navision, dan juga SAP. Semua itu tidak terlepas dengan adanya sistem terintegrasi yang mampu melaksanakan bermacam-macam tugas yang berbeda dengan sekali inputan data. Zahir pun tampil sebagai salah satu dari keunggulan ini. Ditambah pula dengan harga nya yang terjangkau untuk teknologi sekelas ini dibandingkan dengan software lainnya.

Sebagai Mahasiswa Gunadarma, tentunya, yang diunggulkan dari Kampus ini adalah teknologi Informasinya, tidak hanya dibidang Komputer, namun juga dibidang Ekonomi, Psikologi, dan lain-lain. Diharapkan dengan adanya software ini, akan menambah kemudahan kita dalam membuat laporan yang handal, dapat dipahami, dan jujur. Karena kekuatan dari sebuah informasi adalah kejujuran dan Pengungkapan yang jelas dan terbuka.

Demikian yang bisa saya simpulkan dari Seminar yang saya ikuti mengenai  "Mewarnai ICT Masa Depan Melalui Penguasaan Sistem Informasi Akuntansi"


 

1 komentar:

Copyright © / kantongajaibdoraemon

Template by : Urangkurai / powered by :blogger