Ulasan Artikel
”Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan pada Minimarket Indomaret dengan Alfamart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi"
”Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan pada Minimarket Indomaret dengan Alfamart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi"
Pada Artikel yang berjudul Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan pada Minimarket Indomaret dengan Alfamart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi, memiliki beberapa kesalahan dalam penggunaan bahasa, tanda baca, maupun stuktrur. Pada bagian Abstrak, kesalahan terlihat pada susunan kalimatnya. Semestinya kata “Penelitian ini digunakan data primer...” di buat pada alinea baru untuk membedakan tiap masalah yang diungkapkan. Artikel semula, penjelasan tujuan dan metode digabung menjadi satu paragraf. Selanjutnya, pada paragraf yang sama, kata penghubung yang terdapat di awal kalimat adalah salah, seperti yang terdapat pada artikel ini, yaitu kalimat “Sedangkan hasil uji perbandingan kualitas..”.Kata “sedangkan” di situ bertindak sebagai awal kalimat, sedangkan kalimat penghubung berfungsi untuk menghubungkan antar kalimat, bukan untuk pembentuk kalimat baru. Untuk istilah asing seperti “assurance, empathy dan tangible..” semestinya dibuat dengan tipe tulisan miring, menandakan ia adalah kata-kata non-baku. Selain itu, assurance sebenarnya bukan seperti itu tulisannya, yang benar adalah insurance. Kata “bahwa” pada kalimat “bahwa dimensi keresponsifan, merupakan..” sebaiknya dihilangkan saja karena memakai ataupun tidak kata tersebut, tidak mengubah arti dari kalimat yang terkandung didalamnya. Untuk kalimat terakhir dari paragraf pertama. Kata “adanya” sebaiknya diganti dengan “diadakannya” dan kata “perbaikkan” salah, semestinya “perbaikan”.
Pada paragraf kedua, “Pada prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya akan dihadapkan dengan strategi maupun teknik penjualan yang bagus, sehingga komoditas yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik.”, sebaiknya diganti dengan “Pada prinsipnya, jika setiap perusahaan menjual produk-produknya pasti akan dihadapkan pada strategi ataupun teknik penjualan yang benar, sehingga komoditas yang ditawarkan dapat terjual banyak. Pada kalimat ketiga, kalimat “Kualitas pelayanan yang diberikan adalah merupakan kinerja..” memiliki 2 kata yang mengandung makna sama, yaitu kata “adalah” dan “merupakan”. Sebaiknya, kata-kata tersebut dipilih salah satu mana yang ingin digunakan apakah kata “adalah” atau “merupakan”.
Pada paragraf ketiga, kalimat kedua “Dan hakikatnya kepuasan konsumen..”. Kata “Dan” pada kalimat tersebut melanggar aturan struktur kalimat, dimana kata penghubnng tidak boleh berada pada awal kalimat, karena fungsi kata penghubung adalah untuk menghubungkan kalimat-kalimat. Untuk kalimat “Jadi tingkat kepuasan merupakan..” memiliki kekurangan tanda baca koma setelah kata “jadi”. Kata “oleh harapan” dirasa kurang pas, sebaiknya diganti “dengan harapan”. Setelah kata “harapan” sebaiknya dibubuhi tanda akhir kalimat karena dengan tetap menjadikan kalimat berikutnya menyatu dengan kalimat sebelumnya dalam satu kalimat, kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas kalimat sebelumnya, jadi semestinya kalimat itu, dibuat sebagai kalimat baru bukan penghubung. Untuk kata “maka” dan “niscaya” sebaiknya dipilih salah satu. Kata “dan jika” itu salah, yang benarnya adalah “Jika”.
Pada paragraf keempat, kalimat “...antara nilai harapan dengan nilai kinerja...” kata “nilai” disitu semestinya di awal saja. Kata asing “Assurance” salah, yang benar adalah “Insurance”. Semestinya tiap bagian dari point-point artikel tersebut, tetap menggunakan cetak miring, karena kata tersebut termasuk kata asing.
Pada paragraf kelima, kalimat “..tetapi apabila hal ini kurang diperhatikan maka dapat menimbulkan hal-hal yang rawan..”. Kata “tetapi apabila” adalah boros, sebaiknya pilih salah satu dari kedua kata itu. Adanya kata penghubung “Sedangkan” di awal kalimat adalah salah. Pada paragraf keenam, “.. mempengaruhi penjualan padahal keduanya..” sebelum kata padahal sebaiknya dibubuhi tanda koma. Kalimat “..hampir sama juga adakah perbedaan pada keduanya yang pada akhirnya mempengaruhi...” salah, semestinya sesudah kata “juga” harus titik, dan “adakah” merupakan kalimat baru.
0 komentar:
Posting Komentar