Ekonomi Koperasi

Wah, sebenarnya, koperasi itu apa yah?? Koperasi adalah suatu kumpulan orang-orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama. Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1967, koperasi indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

"Hari gene masih jaman yah koperasi??"
Mungkin segelintir orang sempat berujar demikian,,, mengapa sih, koperasi itu, sekarang dianggap sebelah mata??? Apa karena usaha nya yang cuma itu-itu ajah, atau karena koperasi itu ga bermanfaat bagi Anda??

Pengalaman koperasi saya memang sangat kurang. Tetapi dari ilmu yang saya dapet, intinya, koperasi itu berusaha untuk memajukan kesejahteraan anggotanya. Macam-macam koperasi ada banyak. Di antaranya, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Koperasi Serba Usaha (KSU), Koperasi Konsumsi, dan Koperasi Produksi.




Sewaktu saya SMP saya pernah menjadi anggota koperasi. Disana, koperasi yang ada lebih ke koperasi Simpan Pinjam. jadi kita di seolah-olah menabung di Bank kecil. Dari simpanan inilah, koperasi memberikan jasa kepada anggota atau pihak yang membutuhkan pinjaman uang.

Tapi, sayangnya, kesadaran akan pentingnya koperasi sudah tidak terlihat. Banyak dari kita, yang enggan berurusan dengan koperasi karena, selain untungnya cuma sedikit dan kurangnya merasakan manfaat dari mereka yang menjadi anggota Koperasi.

Sebenarnya, koperasi menurut saya, sangat penting. Di sana, kita bisa belajar untuk bisa merasakan suatu keluarga yang berusaha untuk membangun usaha nya. Sayangnya, koperasi sudah dipandang sebelah mata oleh masyarakat lain. Untuk itu, menurut saya, bagi kita yang sudah ikut ambil bagian, dalam koperasi, tetaplah semangat untuk memajukan koperasi, dan sosialisasikan, bahwa koperasi itu, mencerminkan jiwa orang Indonesia, Koperasi bukan sesuatu yang "jadul", tapi merupakan hal kecil yang akan bisa membantu rakyat lain, yang membutuhkan jasa dari koperasi...


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © / kantongajaibdoraemon

Template by : Urangkurai / powered by :blogger